Pengertian
Turbocharger adalah suatu komponen pada mesin diesel yang berfungsi
untuk menyuplai udara dengan kepadatan yang melebihi kepadatan udara
atmosfer kedalam ruang silinder untuk ditekan pada langkah kompresi,
sehingga daya motor meningkat.

pemakaian turbocharger sangat efisien, dimana energi yang digunakan
untuk menggerakkan kompressor yang akan mengisap udara masuk kedalam
ruang bakar adalah berasal dari energi gas buang yang digunakan untuk
menggerakkan turbin.
tujuan penggunaan turbocharger adalah untuk meningkatkan kapasitas udara
yang dimasukkan kedalam ruang silinder, dengan meningkatnya udara maka
akan banyak bahan bakar yang terbakar, yang menyebabkan meningkatnya
daya keluaran dari mesin yang diberikan volume langkah dari silinder.
karena banyak bahan bakar untuk mencapai peningkatan daya maka efesiensi
siklus mesin tidak berubah.
komponen yang sangat penting dari turbocharger adalah turbin,
kompressor, poros, bantalan dan rumahnya. keuntungan dari turbocharger
dibandingkan dengan mechanical supercharger adalah bahwa daya yang
dibutuhkan untuk menggerakkan kompressor diambil dari energi gas buang,
sedangkan mechanical supercharger yaitu dengan daya yang diambil dari
mesin itu sendiri, sehingga akan terjadi kerugian daya pada mesin itu
sendiri.
jika energi yang cukup diambil dari gas buang, dan diubah menjadi kerja
kompressor maka proses kompresi yang mengakibatkan terjadinya
peningkatan temperatur dan tekanan, karena tujuannya untuk meningkatkan
kapasitas udara, maka pemakaian pendingin udara yang sering digunakan
untuk mendinginkan udara, sehingga tekanan dari udara akan meningkat
dapat tercapai dengan meningkatnya kapasitas udara.
bertujuan untuk menaikkan daya mesin, yang perpindahan atau langkah
torak dan kecepatan telah ditentukan. dalam mesin diesel daya
dibangkitkan oleh pembakaran bahan bakar, dan untuk menaikkan daya
mesin, bahan bakar harus dibakar lebih banyak sehingga udara harus
lebih banyak tersedia.maka dengan pengisian lanjut didapat nsuatu
tekanan yang lebih tinggi pada awal langkah kompresi. untuk menaikkan
tekanan udara pada mesin, proses pengisian udara kedalam ruang bakar
tidak dihisap kedalam silinder atau tidak dimasukkan dengan pengisapan
alamiah oleh torak yang mundur, tetapi didorong masuk dengan tekanan
lebih tinggi yang dihasilkan oleh kompresor/blower.
bersamaan dengan meningkatnya tekanan efektif rata-rata, pengisian lanjut juga menaikkan tekanan penyalaan maksimum dan suhu maksimum. sebaliknya, penggunaan bahan bakar berkurang dengan pengisian lanjut, hal ini dikarenakan kenaikan turbulensi udara, pengadukan yang lebih baik antara bahan bakar dan udara pengisian , sehingga pembakaran bahan bakar lebih sempurna. dan juga karena efesiensi mekanis dari mesin meningkat karena kenyataan bahwa keluarannya lebih besar dari pada kerugian mekanisnya.
bersamaan dengan meningkatnya tekanan efektif rata-rata, pengisian lanjut juga menaikkan tekanan penyalaan maksimum dan suhu maksimum. sebaliknya, penggunaan bahan bakar berkurang dengan pengisian lanjut, hal ini dikarenakan kenaikan turbulensi udara, pengadukan yang lebih baik antara bahan bakar dan udara pengisian , sehingga pembakaran bahan bakar lebih sempurna. dan juga karena efesiensi mekanis dari mesin meningkat karena kenyataan bahwa keluarannya lebih besar dari pada kerugian mekanisnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar