DUA pekan terakhir,
Maskulin beberapa kali menyebut suspensi upside down dan teleskopik.
Namun, apa beda keduanya? Apa pula kelebihan masing-masing?
Peredam kejut depan sepeda motor
menjadi sasaran pertama modifikator dalam memodifikasi tunggangannya. Di
pasaran, banyak pilihan merek. Namun, hanya dua shockbreaker depan yang
sering didengar.
Keduanya adalah teleskopik dan upside
down (USD). Namun, apa pembeda keduanya? Apa pula sistem kerjanya,
kelebihan dan kekurangannya selain desain menarik? Suradi dari Baru
Motor Sport (BMS)
menuturkan, fungsi suspensi dasarnya meredam kejut dari ban depan. “Getaran diredam agar tak membebani bahu biker,” ujarnya.
Yang beda dari teleskopik dan USD
adalah cara kerja. “Untuk teleskopik, kompresi pipa yang terikat di
segitiga ditahan pegas dalam pipa. Lalu rebound (pantulan) diatur
sirkulasi oli lewat pipa suling dalam tabung yang terhubung ke as roda
depan,” imbuh Suradi.
Kelebihannya, suspensi jenis ini lebih
empuk. Namun, kurang bandel menahan beban berat dalam waktu lama. Dari
segi perawatan, teleskopik lebih mudah. Tabung yang terhubung dengan as
roda depan tak
rentan bocor karena letaknya di bawah.
Sementara USD justru tabungnya terikat
di segitiga. Sama seperti namanya, bagian atas teleskopik berada di
atas. “Maka yang sering kelihatan gerak pipanya, bukan tabungnya,”
terang dia. Model sok USD sering dipasang di motor besar. USD diyakini
lebih stabil untuk kecepatan tinggi. Selain itu, dengan memasang USD,
kaki depan tunggangan jadi lebih berisi.
Beda dengan teleskopik, konstruksi
suspensi kanan dan kiri berbeda di USD. “Kalau benar-benar USD suspensi
kanan untuk pantulan, sementara yang kiri untuk meredam,” ujarnya.
Namun, di pasaran, beberapa merek variasi hanya membalik suspensi
teleskopik. “Jelas dengan begitu kenyamanan maupun ketahan USD tak tahan
lama. Pasalnya, konstruksi beda kiri dan kanan tersebut bertujuan agar
tahan dalam kecepatan tinggi dan beban berat.”Sumber: http://www.kaltimpost.net/berita/detail/236599-yuk-kenali-dua-suspensi-ini.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar